Pesta Obor Desa Gunting Dusun Genitri Guyub di Malam 1 Muharram 1446 Hijriah

Berita, Jawa Timur327 Dilihat

 

PASURUAN, TALIGAMA.COM – Pesta Obor Dusun Genitri Desa Gunting Kec.Sukorejo Kab.Pasuruan.Warga Dusun Genitri Guyub Kompak yang di hadiri oleh kalangan Masyarakat mulai dari RT 01 sampai RT 10.Acara sungguh meriah yang di hadiri oleh dari orang desa sampai anak anak yang memeriahkan pesta obor dalam rangka memperingati hari tahun Baru /1Muharram 1446 Hijriah.Minggu/07/07/2024.

Acara Pesta Obor di adakan setiap tahun sekali oleh warga Dusun Genitri Desa Gunting untuk memeriahkan acara tahunan 1 Muharram 1446 Hijriah.

Acara Pawai Obor di laksanakan oleh Warga Dusun Genitri dimulai Start di halamab Masjid Genitri keliling ke semua dusun Genitri sampai finis pawai obor di halaman Masjid Dusun Genitri.

H.Wasimun selaku Kepala Desa(Kades).Sangat mendukung Acara Pesta Obor Guna mengingat sejarah Wong jowo dan berpartisipasi agar warga selalu hidup rukun bertetangga saling ramah tamah pada sesamanya.

Agar para warga tidak salah pergaulan dan selalu mengingat para leluhur tenpo dulu yang simbolis memakai obor dalam memeriahkan malam 1 Muharram 1446 Hijriah.”Tuturnya”.

Obor merupakan sumber simbolis jaman dulu dimana acara dulu orang Jawa memeriahkan 1Muharram selalu memakai obor.”jay. (Yzd)